Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Duka Gontor Duka Indonesia, Selamat Jalan KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A

onlineKURVANEWS.COM
23 Oktober 2020 | 20:58 WIB

KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. Sumber: batam.tribunnews.com

Kurvanews.com-Hotnews. Kabar duka kembali mengalun, Indonesia kehilangan pejuang dan seorang mujahiddan ulama besar, kali ini Dr. K. H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. meninggal dunia, kembali menghadap Sang Maha Pemilik kehidupan.

Beliau adalah pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, berpulang di rumah beliau di tengah lingkungan pendidikan dan perjuangan di Gontor Ponorogo. Wafat di usia 78 tahun setelah sekian waktu sakit.

Kabar duka itu begitu cepat merebak melalui pesan-pesan di WhatsApp grup yang berbunyi:
"Berita Duka. Telah berpulang ke Rahmatullah Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A (Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) pada hari Rabu, 4 Rabi'ul Awwal 1442/21 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB di Rumah Gontor. Semoga Amal Ibadah Beliau diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Aamiin. Untuk informasi selanjutnya segera menyusul. Sekretaris Pimpinan PMDG," tulis pesan yang beredar tersebut.

Almarhum lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942, di mana beliau adalah putra sulung dari  KH. Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.  

Prosesi pemakaman almarhum berjalan dengan penuh khidmat, di antara doa dari segenap puluhan ribu santri, ustaz, alumni, umat Islam, serta bangsa Indonesia yang mengiringi kepergiannya, dimakamkan di kompleks pemakaman Pondok Modern Gontor pada Kamis (22/10/2020) secara kebetulan bertepatan dengan Hari Santri Nasional. 

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat dengan berpulangnya 2 orang pimpinan pondok menghadap Sang Khalik. Didahului beberapa bulan lalu wafatnya KH. Samsul Hadi Abdan kini disusul KH. Syukri Zarkasyi.

Sungguh Allah, Al Qowi. Zat yang Maha Kuat dan yang menguatkan semoga Ust. Hasan Abdullah Sahal, salah satu pimpinan yang tertinggal senantiasa diberikan sehat, kuat, dan kemampuan meneruskan perjuangan.

Semoga cita-cita beliau dan Para Kyai PMDG terkabul dan terlaksana, yakni membuat Gontor Mendunia dan sekaligus menjadi bekal akhirat.

Kyai Syukri Zarkasyi bisa disebut memberikan andil yang begitu besar pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam di lingkungan pesantren di Indonesia, melalui Pondok Modern Darussalam Gontor dan pondok Cabang, serta pondok alumni yang mencapai ratusan di seantero penjuru bumi pertiwi, bahkan menyeberang sampai ke negeri Jiran dengan puluhan ribu alumni yang mewarnai peradaban Islam dan dunia.

Di dada mereka mengemban semangat “man jadda wa jadda” dan perjuangan meninggikan kalimat suci-Nya di bumi ini.

Selamat jalan Kyai Syukri Zarkasyi. Wejangan, petuah, amal ilmumu akan menjadi penerang dalam alam kuburmu. 

Insya Allah jannah menantimu. Yā Rabb, abadikan Kyai kami dalam hangatnya dekapan kasih sayang-Mu, di puncak ketinggian Firdaus-Mu. *(kn/Ar)

  • Duka Gontor Duka Indonesia, Selamat Jalan KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A
  • 0

Slider

Slider

Terkini