Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Anak Penderita Leukimia Asal Bacan Butuh Bantuan

KURVANEWS.COM
17 Oktober 2020 | 16:05 WIB

Pasien Penderita Leukimia 

Kurvanews.com
-Halmahera Selatan
. Nasib malang dialami Sonia, gadis 13 tahun asal Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.


Anak  pasangan Riaman dan Murtiani, harus jalani perawatan lantaran divonis menderita kanker darah atau leukimia.


Menurut Ketua Sedekah for Yatim Maluku Utara, Toiron Ababil kepada media ini mengatakan penyakit yang di derita anak usia 13 tahun itu sudah sejak lama tapi tidak diketahui keluarga padahal sering mengalami mimisan yang tidak biasanya.


"Penyakitnya sudah lama tapi keluarganya belum mengetahui. Gejalanya kalau kecapekan selalu mengalami mimisan, keluarga mengetahui penyakitnya setelah dibawa ke puskesmas", Ujar Ketua Sedekah for Yatim Maluku Utara, Toiron Ababil. Kamis (15/10/20).


Mengetahui hal itu, puskesmas memberitahu pihak keluarga agar Sonia dirujuk ke Ternate. Namun, karena terkendala biaya, orang tua Sonia memilih untuk melakukan pengobatan di rumah.


Ketua lembaga sosial itu mengatakan awal mula mengetahui kondisi Sonia karena dokter menghubunginya sehingga ia langsung mengunjungi rumah pasien.


"Saya mendapat kabar dari dokter yang menanganinya bahwa ada salah satu pasien yang menderita leukimia dan perlu di rujuk ke Ternate tapi terkendala biaya", ungkapnya


"Mendengar hal itu saya langsung menemui keluarga pasien dan membicarakan persiapan untuk dirujuk ke Ternate. Ada kendala administrasi mulai kartu keluarga yang masih terdaftar di Jawa dan belum memiliki BPJS", imbuhnya


Meski begitu, ia bersama rekan-rekannya dengan cepat mengurus administrasinya meskipun baru BPJS yang bisa dibuatkan.


Saat ini pasien dirujuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ternate untuk menjalani perawatan.


Menurutnya, pengobatan leukimia membutuhkan biaya yang cukup besar meski sudah memiliki BPJS tentu tidak mengcover semua pengobatannya dan berharap pemerintah Halmahera Selatan dapat membantu pengobatannya.


"BPJS tidak bisa mengcover semua pengobatannya, kami berharap masyarakat dan pemerintah dapat membantu biaya pengobatannya", tandasnya.



Untuk kebutuhan darah golongan darah B yang diperlukan sebanyak 34 kantong. "Saya menyampaikan ucapakj terimakasih kepada seluruh pendonor darah yang sudah membantu adik Sonia", ucap Toiran.


Perlu dikethui, Sedekah for Yatim merupakan lembaga sosial yang fokus terhadap tiga aspek, yakni ; Pendidikan, Kesehatan, dan Sosial.


Saat ini sudah ketiga kalinya memberi pendampingan masyarakat yang kurang mampu dalam menjalani pengobatan. Pendampingan pertama dilakukan untuk Musakat anak penderita tumor ganas asal desa Papaloang, Kecamatan Bacan.


Harapannya masyarakat dapat memberikan kepercayaan kepada Sedekah for Yatim untuk terus memberikan kontribusi nyata terhadap bangsa. *(kn)

  • Anak Penderita Leukimia Asal Bacan Butuh Bantuan
  • 0

Slider

Slider

Terkini