Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Resmi, 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman Menjadi Kapanewon

Arief Hartanto
05 September 2020 | 02:24 WIB
Peta Kabupaten Sleman. Foto: slemankab.go.id
Kurvanews.com-Sleman. 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman resmi berubah menjadi Kapanewon. Perubahan ini ditandai dengan pelantikan para Camat--yang kini menjadi Panewu--di Pendopo Parasamya, Setda Kabupaten Sleman, Jumat (28/8/2020).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati Sleman ini dilaksanakan terhadap 194 pejabat terkait dengan pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sleman Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perda Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman, yang telah ditetapkan sejak 8 Januari 2020.

Dalam Perda Sleman Nomor 1 Tahun 2020, disebutkan bahwa Kapanewon adalah sebutan kecamatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan bagian wilayah dari daerah Kabupaten dan merupakan perangkat daerah Kabupaten.

Perda tersebut selanjutnya dijabarkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Sleman Nomor 2.8 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Kapanewon.

Dalam Perbup tersebut dijelaskan bahwa:

✔Kapanewon merupakan wilayah kerja Panewu sebagai perangkat daerah yang dipimpin oleh Panewu yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

✔Panewu mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan umum, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati, serta sebagian urusan keistimewaan yang ditugaskan di Kapanewon.

✔Susunan organisasi Kapanewon terdiri dari:
1. Panewu
2. Sekretariat, dipimpin oleh Panewu Anom yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu
3. Jawatan : Jawatan Praja, Jawatan Keamanan, Jawatan Kemakmuran, Jawatan Sosial, dan Jawatan Umum. Jawatan dipimpin oleh Kepala Jawatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Panewu melalui Panewu Anom
4. Kelompok Jabatan Fungsional

Perda Kabupaten Sleman ini ditetapkan dalam rangka menjalankan amanat:
✔Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta
✔Peraturan Gubernur DIY Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pedoman Kelembagaan Urusan Keistimewaan pada Pemerintah Kota/Kabupaten dan Kalurahan.

Pasal 24 ayat (1) Perdais, mengamanatkan bahwa untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah dan terselenggaranya urusan keistimewaan DIY, maka kelembagaan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa harus selaras dengan Perangkat Daerah. *(kn/Ar)
  • Resmi, 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman Menjadi Kapanewon
  • 0

Terkini