Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

PBAK STAIMS 2020 Secara Daring: Membentuk Generasi Muslim yang Akademis, Inovatif, dan Progresif dengan Spirit di Masa Pandemi

onlineKURVANEWS.COM
26 September 2020 | 12:46 WIB
 
Pembukaan PBAK STAIMS Yogyakarta Tahun Akademik 2020/2021. Foto: Kurvanews.com




Kurvanews.com-Yogyakarta. Sekolah tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta menggelar kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) untuk para mahasiswa baru secara daring.

Kegiatan pengenalan kampus ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru di seluruh Indonesia.

PBAK merupakan proses awal masa pendidikan mahasiswa baru di kampus STAIMS menjadi sangat penting untuk diikuti.

Tema PBAK tahun akademik 2020/2021 adalah "Membentuk generasi Muslim yang Akademis, Inovatif, dan Progresif dengan Spirit di Masa Pandemi". PBAK secara resmi dibuka oleh Ketua STAIMS Yogyakarta, Dra. Hj. Sutinah M.Pd. pada pukul 08.00 WIB, Sabtu (26/09/20).

Selain itu, Ketua BEM STAIMS, Afrian Zakaria, mengawal acara bersama jajarannya di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Widi Astuti S.Pd.I, M.Pd.I selaku Ketua Panitia PBAK mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru.

"Terselenggaranya PBAK ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menyatukan para mahasiswa baru dengan civitas akademika dan nuansa akademik agar terjalin hubungan harmonis satu samalain. Sehingga mampu berproses untuk menjadi mahasiswa yang mampu berkembang dan bertanggung jawab atas posisi barunya sebagai mahasiswa", ungkap Widi Astuti.

Sejalan dengan hal tersebut, Dra. Hj. Sutinah M.Pd. menyampaikan harapannya kepada mahasiswa baru agar mengoptimalkan potensi diri selama berproses dan belajar di kampus STAIMS tercinta ini.

"Seperti lampu, adik-adik harus mampu menjadi penerang untuk sekitarnya, karena orang yang berilmu akan selalu dibutuhkan oleh orang sekitarnya", tutur Sutinah.

Dilanjut dengan kegiatan inti. Pimpinan dan dosen STAIMS menjelaskan terkait kurikulum, nuansa akademik kampus, dan fasilitas belajar di kampus. Afrian melanjutkan dengan meperkenalkan macam macam ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) yang ada di internal kampus.

Di dalam internal kampus, ada 5 organisasi di bawah BEM, di antaranya adalah UKM bahasa Arab dan Inggris, UKM Futsal, UKM Paduan Suara, UKM Mapala, dan HIMAQU (Himpunan Mahasiswa Qur'ani).

"Teman-teman sekalian yang saya banggakan, marilah berproses dan mengambil peran sebaik mungkin untuk mengaplikasikan makna ilmu amaliyah amal ilmiyah. Karena sejatinya ilmu akan bermanfaat jika diamalkan", ucap Ketua BEM yang sekaligus menjadi Ketua Bidang Kader PK IMM Rasyid Ridha tersebut.


Pendidikan di Masa Pandemi


Pandemi Covid-19 belum menemukan titik terang sampai saat ini, termasuk di Indonesia. Meskipun sudah memakan waktu hampir setengah tahun lamanya, wabah virus Covid-19 justru angka penularan yang terinfeksi melonjak drastis.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau agar setiap lembaga dan instansi pendidikan tetap mengindahkan kebijakan terkait pembelajaran yang tetap dilaksanakan secara daring, guna mencegah klaster baru penyebaran virus corona. Kemendikbud pun juga memberikan penunjang untuk menyelenggarakan pendidikan, yakni dengan memberikan kuota internet untuk siswa-guru, mahasiswa-dosen.

STAIMS yang merupakan instansi pendidikan swasta belum mendapatkan bantuan penunjang berupa kuota tersebut. Namun, STAIMS tetap bertekad untuk melanjutkan proses pembelajaran daring secara efektif dan efesien. E-learning STAIMS yang diciptakan oleh pihak kampus menjadi alternatif untuk menunjang proses pembelajaran selama pandemi.

Di akhir sambutan, Afrian berpesan kepada peserta PBAK agar menjadi mahasiwa yang bosan diam, mampu menjadi mahasiswa yang adaptif dan progresif dalam memaksimalkan potensi diri dan sanggup memberi manfaat yang lebih luas.


Kontributor : Iqbal Tawakal (Ketua Umum PK IMM Rasyid Ridha STAIMS Yogyakarta)

Editor : Lely N

  • PBAK STAIMS 2020 Secara Daring: Membentuk Generasi Muslim yang Akademis, Inovatif, dan Progresif dengan Spirit di Masa Pandemi
  • 0

Slider

Slider

Terkini