Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Tak Memenuhi Syarat Pencalonan, Partai Pegusung BK-LM Siap Beralih Dukungan

KURVANEWS.COM
13 Agustus 2020 | 11:35 WIB
ilustrasi calon kepala daerah. Foto/?
Kurvanews.com-Halmahera Selatan. Pasangan calon (Paslon) Bupati Bahrain Kasuba dan Lutfhi Machmud dipastikan tidak bisa mengikuti konstestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Halmahera Selatan di Desember mendatang.

Bagimana tidak, partai pengusungnya tidak memenuhi syarat pencalonan setelah peralihan dukungan Partai Berkarya terhadap Usman-Bassam.

Sebelumnya, BK-LM diusung PKPI berkoalisi dengan Gerindra dan Berkarya yang ditargetkan telah memenuhi ambang batas persyaratan.

Namun, nasib berkata lain setelah terjadi perubahan struktur kepengurusan DPP Berkarya yang dimenangkan kubu Muchdi PR.

Pasangan Usman-Bassam memperoleh rekomendasi Berkarya dibuktikan dengan SK No.001/Pilkada/DPP Berkarya/VIII/2020. Hal tersebut dibenarkan Calon Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik.

"Syukur Alhamdulillah Partai Berkarya memberikan kepercayaan kepada Usman-Bassam untuk maju di Pilkada Halmahera Selatan", singkatnya.

Adanya ketentuan syarat partai politik mendaftarkan pasangan calon harus memenuhi perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD atau 25 % dari akumulasi perolehan suara sah.

Sehingga Parpol harus menggabungkan diri dengan partai lain agar dapat memenuhi ambang batas persyaratan tersebut.

Persyaratan tersebut mengakibatkan BK-LM tidak mendapatkan kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah Halmahera Selatan karena proses politik penggabungan partai politik untuk memenuhi ambang batas.

Tentunya penentuan calon kepala daerah yang di ajukan adalah kader dari parpol yang memiliki perolehan kursi yang paling besar di antara parpol yang ada dalam koalisi tersebut.

Peralihan dukungan Berkarya yang diperoleh Usman-Bassam seperti memberikan isyarat lampu merah terhadap pasangan calon BK-LM untuk mendaftarkan ke KPU.

Sementara dua partai pengusung lainnya belum mengambil langkah untuk beralih. *(kn)

  • Tak Memenuhi Syarat Pencalonan, Partai Pegusung BK-LM Siap Beralih Dukungan
  • 0

Terkini