Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Sosialisasi Bantuan Hukum PSBH UCY di Desa Patuk

KURVANEWS.COM
11 Agustus 2020 | 10:08 WIB
Tim PSBH UCY bersama Kepala Desa Patuk, Bapak Catur Bowo. Foto.Kurvanews.com/Istimewa
Kurvanews.com-Yogyakarta. Pengurus Pusat Studi dan Bantuan Hukum (PSBH) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) dibawah koordinasi  Firmansyah, S.H sebagai Manager Program PSBH UCY mengunjungi Desa Patuk, Kecamatan patuk, Kabupaten Gunung Kidul guna mensosialisasikan Program Bantuan Hukum Gratis yang dicetus oleh PSBH-UCY sendiri dan juga mensosialisasi Program Kuliah Gratis melalui KIP-K kerjasama antara pemerintah dan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Kehadiran PSBH UCY disambut hangat penuh kekeluargaan oleh Bapak Kepala Desa Catur Bowo, PSBH sendiri terdiri dari Firmansyah, SH, Topanraj SH, Tajudin SH dan Arisandi, SH.

"Kami tiba dipatuk sekitar jam 10-an, kami langsung diterima oleh lurah patuk sendiri bapak Catur Bowo di ruang kerjanya", ujar Firmansyah, Senin (10/8/20)

Program bantuan hukum gratis yang dicetus PSBH-UCY diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang berhadapan dengan masalah hukum, tetapi dengan syarat memiliki SKTM.

"Hal ini dimaksud agar penegakan hukum di indonesia tetap pada berkeadilan, sehingga setiap warga negara indonesia sama nilainya didepan hukum dan hak-hak untuk didampingi ketika berhadapan dengan persoalan hukum terpenuhi". Imbuhnya

PSBH UCY berkomitmen membantu masyarakat tidak mampu hal ini sebagaimana salah satu visi misi, sehingga PSBH UCY siap hadir dan melakukan langkah kongkrit terhadap hal tersebut.

Syarat bagi masyarakat tidak mampu yang ingin mendapatkan bantuan hukum adalah Fotocopi KTP, fotocopi Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan Desa/Kelurahan dan mengisi Formulir Bantuan Hukum yang disediakan di kantor PSBH, yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Gambiran Kota Yogyakarta.

Dia menambahkan bahwa "kami juga menyampaikan pada bapak Kepala Desa, bahwa ada program pemerintah untuk kuliah gratis dan tambahan mendapatkan uang saku sebesar Rp 700.000/bulan, kami menyampaikan terutama agar masyarakat yang tidak mampu juga selain mendapatkan keadilan juga mampu mendapatkan ilmu, sehingga Universitas Cokroaminoto menjadi garda kedepan sebagai kampus yang hangat bagi seluruh elemen masyarakat kita khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta", ungkap Firmansyah

PSBH-UCY sendiri adalah laboratorium hukum di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, tempat belajar bagi seluruh mahasiswa UCY lebih khusus yang berjurusan Ilmu Hukum dan Hukum Islam.

Menurut Firmansyah, PSBH-UCY adalah laboratorium hukum sekaligus tempat belajar seluruh mahasiswa UCY, karena kami (Pengurus PSBH-UCY) mempunyai Visi agar setiap warga negara sadar dan paham hukum sehingga negara kedepannya aman dan tertib, sehingga kita mulai dari kampus itu sendiri sebagai salah satu wadah mencari ilmu. *(kn/ln)
  • Sosialisasi Bantuan Hukum PSBH UCY di Desa Patuk
  • 0

Terkini