Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Peta Kekuatan Politik Jelang Pilkada Sleman 2020

Arief Hartanto
31 Agustus 2020 | 19:02 WIB
Tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2020. Fotor: kurvanews.com
Kurvanews.com-Sleman. Kontestasi Pilkada Sleman pada Desember 2020 mulai menampakkan arah yang jelas. Tiga pasangan telah muncul di ruang publik untuk maju dalam ajang pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di bumi Sembada, Sleman 2020-2025 mendatang.

Yang pertama kali muncul ke permukaan dan mendeklarasikan diri sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman pada Pilkada 2020 adalah pasangan Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa yang diusung PDI-P dan PAN .

Berdasarkan jumlah kursi di DPRD Sleman yang memiliki komposisi PDI P 15 kursi dan PAN 6 kursi, perlu dicatat bahwa kedua partai ini menjadi pemenang 1 dan 2 dalam ajang pemilu legislatif 2019.
 
Pasangan ini bisa melenggang setelah  mendapatkan surat keputusan (SK) rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan pada 17 Juli lalu dan disusul SK DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tertanggal 27 Juli 2020 yang memberikan mandat untuk memenangkan Pilkada Sleman kali ini.

Sementara dari kubu kedua, memunculkan koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sepakat mengusung Danang Wicaksana Sulistya (Kader Gerinda) dan Agus Choliq (Ketua DPC PKB Sleman) sebagai calon Bupati Sleman dan bakal calon Wakil Bupati Sleman dalam Pilkada 2020.

Gerindra dan PKB yang memiliki 6 kursi serta PPP 3 kursi di DPRD Sleman, menjadi modal awal serta dukungan dari struktural menjadi modal untuk menatap kemenangan di Pilkada Sleman.

SK rekomendasi DPP Partai Gerindra untuk Danang Wicaksana Sulistya-Raden Agus Choliq diterbitkan 5 Agustus 2020.

Pasangan ketiga yang muncul adalah Sri Muslimatun dan Amin Purnama yang diusung oleh Nasdem, PKS, dan Golkar, yang mana masing-masing dari partai tersebut memiliki 3 kursi untuk Nasdem, 6 kursi untuk PKS, dan 5 kursi untuk Golkar di DPRD Sleman.

Surat keputusan (SK) rekomendasi Partai Keadilan Sejahtera diberikan kepada Sri Muslimatun dan Amin Purnama, Sabtu (29/8/20), dengan SK Nomor: 265.8/SKEP/DPP-PKS/2020, tertanggal 27 Agustus 2020, disusul SK dari Partai Nasdem yang diberikan kepada Sri Muslimatun dan Amin Purnama di Hotel Merapi Merbabu, Depok, Sleman kemarin (30/8/20) dan SK Partai Golkar Nomor: SKEP-308/DPP/GOLKAR/VIII/2020. SK pengesahan Calon Bupati-Wakil Bupati Sleman tertanggal 28 Agustus 2020.

"Proses penerimaan pendaftaran pasangan calon (paslon) Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman pada Pilkada 2020 dibuka pada 4 hingga 6 September mendatang", ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi.

Jadi, warga Sleman bisa mulai mempertimbangkan siapa yang layak untuk menjadi pemimpin Sleman selama 5 Tahun ke depan. *(kn/Ar)
  • Peta Kekuatan Politik Jelang Pilkada Sleman 2020
  • 0

Terkini