Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

KPAI Sebut Nadiem Tidak Serius Menerapkan Kebijakan Kurikulum Darurat

Rizal Firmansyah
08 Agustus 2020 | 14:24 WIB
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Foto/indopolitik
Kurvanews.com-Jakarta. Demi kelancaran Pendidikan di masa pandemi, Mentri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim telah mengumumkan akan diberlakukannya kurikulum darurat.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam jumpa pers yang digelar oleh Kemendikbud secara daring pada Jumat, (7/8/20)

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti, menyayangkan kebijakan Nadiem Makarim yang dianggap tidak tegas dalam menerapkan kebijakan kurikulum darurat.

Pasalnya kebijakan tersebut hanya merupakan kurikulum alternatif dan tidak diwajibkan kepada seluruh sekolah dalam penerapan nya.

"Ingin saya tekankan bahwa satuan pendidikan tidak wajib mengikuti kurikulum darurat ini, mereka boleh kalau masih merasa nyaman menggunakan kurikulum nasional 2013, silakan," tandas Nadiem.

Retno menilai bahwa kebijakan kurikulum darurat mestinya diberlakukan di sekolah seluruh Indonesia, tanpa terkecuali.

"Sayangnya Kemendikbud tidak tegas bahwa kurikulum dalam situasi darurat ini harus digunakan seluruh sekolah, tetapi menjadi kurikulum alternatif," kata Retno


Meskipun begitu, Mantan Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) tersebut juga mengapresiasi kebijakan yang dikeluarkan oleh Nadiem Makarim karena telah menjawab para guru dan organisasi profesi guru yang telah lama menagih janji Kemendikbud untuk mengeluarkan kurikulum darurat di tengah pandemi covid-19. *(kn/Rf)
  • KPAI Sebut Nadiem Tidak Serius Menerapkan Kebijakan Kurikulum Darurat
  • 0

Terkini