Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Komnas HAM Menilai Uang Kuliah di Masa Pandemi Akan Lebih Berat

Rizal Firmansyah
04 Agustus 2020 | 23:58 WIB
Komnas HAM RI. Foto/bisnis.com
Kurvanews.com-Jakarta. Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Choirul Anam, mengatakan bahwa pihaknya akan memantau dan menyelidiki ihwal uang kuliah tunggal yang dilaporkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

“Kami akan melakukan pemantauan dan penyelidikan. Kami juga akan segera mengirim surat ke Pak Menteri Makarim untuk meminta keterangan dan kemungkinan untuk perubahan kebijakan”, ujar Choirul Anam kepada Tempo melalui sambungan telepon, Selasa (4/8/20).

Choirul meminta agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, meninjau ulang kebijakan pendidikan di masa pandemi. Selain berdampak pada mahasiswa, tentu juga sangat berpengaruh pada orang tua mahasiswa itu sendiri.

“Beban dunia pendidikan itu sekarang lebih. Tidak hanya berdampak kepada mahasiswa yang minimal mengeluarkan biaya kuota, namun juga orang tua”, tandas Choirul.

Sementara itu, Chairul menyayangkan dugaan tindakan represif pihak kampus berupa pelayangan surat drop out, skorsing, dan surat peringatan atau SP terhadap mahasiswa yang protes terkait penyelenggaraan pendidikan. Choirul juga menambahkan bahwa pihaknya akan sangat membuka diri atas laporan dengan kasus serupa.

“Kami menyayangkan kalau ada yang protes tentang penyelenggaraan pendidikan, akan diancam atau diberi surat drop out atau skors. Kami membuka diri kepada seluruh mahasiswa untuk melapor kalau tindakan serupa terjadi agar kami dapat langsung mengambil tindakan cepat”, imbuhnya

Selain itu, Komisioner Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik juga menilai bahwa pembahasan UKT semestinya ditinjau ulang dengan melibatkan perwakilan mahasiswa.

 “Mestinya ada penghitungan ulang biaya UKT dengan meminta pandangan mahasiswa juga” ujar Ahmad Taufan melalui pesan tertulis kepada Tempo. *(ln/Rf)

  • Komnas HAM Menilai Uang Kuliah di Masa Pandemi Akan Lebih Berat
  • 0

Terkini