Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Kabar Gembira Bantuan Rp 2,4 Juta Segera Cair, Cek Syaratnya

KURVANEWS.COM
14 Agustus 2020 | 11:07 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/?
Kurvanews.com-Jakarta. Kabar yang ditunggu pegawai swasta, honorer (pegawai pemerintah non ASN) maupun GTT yang bergaji dibawah Rp 5 juta per bulan akan mendapatkan bantuan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Adapun teknisnya akan dibayarkan 2 tahap, gaji bulan September-Oktober akan dibayarkan bulan Agustus 2020 sebesar Rp 1.200.000 sedangkan gaji bulan November-Desember akan dibayarkan bulan September 2020 sebesar Rp 1.200.000, masing-masing akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir pada teleconference Rabu (12/8/20)

"Rp 600 ribu untuk 4 bulan di mana gaji bulan September-Oktober dibayarkan bulan Agustus. Gaji bulan November-Desember dibayarkan pada bulan September memakai data BPJS Ketenagakerjaan. Kita pastikan didampingi pihak-pihak KPK, BPKP, Kejaksaan, LKPP supaya datanya benar", kata Erick Thohir.

Menurutnya, pekerja yang mendapatkan bantuan menggunakan data bulan Juni 2020.

Jumlah yang mendapat bantuan sekitar 15,7 juta orang dengan menggunakan basis data BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, pemerintah memperluas segmen penerima bantuan Rp 600 per bulan yang pada mulanya hanya untuk pegawai swasta.

Bantuan tersebut juga mengalir ke pegawai pemerintah non pegawai negeri sipil atau non ASN yang biasa dikenal pegawai honorer (PHL) demikian juga guru honorer (GTT) yang selama ini kesejahteraan minim.

"Kita mengakomodasi temen-temen pekerja pegawai pemerintah non ASN yang mereka tidak mendapatkan gaji ke-13 dan rata-rata mereka kan upahnya upah minimum provinsi. Jadi karena kita memperluas penerima maka sekarang totalnya 15,7 juta", jelas Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Syarat untuk bantuan ini salah satunya ialah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, bagi yang tidak terdaftar atau tidak tercover diharap tidak berkecil hati karena pemerintah masih memiliki sejumlah program seperti Bansos, BLT, BST, padat karya, hingga Kartu Pra Kerja.

Masih terbuka peluang untuk Kartu Pra Kerja, karena desain awal Kartu Pra Kerja ialah untuk meningkatkan kompetensi.

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan peluang Kartu Pra Kerja masih terbuka lebar untuk para pekerja dalam rangka meningkat kinerja dan kompetensinya.

“Program Kartu Pra Kerja, kebetulan batch keempat sudah mau tutup tapi nanti akan ada batch kelima lagi yang bisa daftar nanti bantuannya Rp 3,55 juta", ujar Budi Gunadi Sadikin *(kn/Hs)
  • Kabar Gembira Bantuan Rp 2,4 Juta Segera Cair, Cek Syaratnya
  • 0

Slider

Slider

Terkini