Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Era Pandemi, Bagaimana Semangat Hari Pramuka?

onlineKURVANEWS.COM
15 Agustus 2020 | 02:30 WIB
Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta, pada peringatan HUT ke-59 Pramuka. Foto: kurvanews.com
Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satya ku kudarmakan
Darmaku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
IndonesiaTanah Airku
Kami jadi pandumu
Kurvanews.com-Yogyakarta. Untaian lirik  Hymne Pramuka ini senantiasa menjadi penyemangat dalam setiap kegiatan para pandu Pramuka Indonesia.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, meskipun Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, gerakan Pramuka dinilai tetap dapat aktif ikut serta melaksanakan berbagai kegiatan sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat.

Semangat generasi muda dalam penanggulangan bencana non alam Covid-19 ini, sesuai dengan tema yang diambil pada peringatan HUT ke-59 Pramuka, yaitu "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara".

"Mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat banyak yang harus terhenti untuk mencegah semakin merebaknya Covid-19. Maka dari itu generasi muda sudah seharusnya ikut berperan secara aktif dalam penanggulangan bencana non alam Covid-19," ungkap Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta, yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang Kota Yogya, pada peringatan HUT ke-59 Pramuka di SDN Gedongkuning, Kamis (13/8/20).

Meskipun demikian, ia tetap mendorong para pembina Pramuka untuk dapat terus melakukan pembinaan terhadap peserta didiknya, dengan metode proses pembinaan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Keberadaan Pramuka sebagai salah satu pemicu kesadaran sosial diharapkan untuk memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial masyarakat kita pada saat ini. Pramuka harus mampu menjadi teladan bagi semua pihak," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan agar anggota Pramuka melakukan tiga hal, yaitu disiplin terkait protokol kesehatan, hidup bersih, dan menjaga keselamatan diri sendiri.

Karena, ketika kita akan membantu orang lain, tentunya kita harus menyelamatkan diri sendiri dengan memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar. *(kn/Ar)
  • Era Pandemi, Bagaimana Semangat Hari Pramuka?
  • 0

Terkini