Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Di Balik Layar Hebohnya Film “Tilik“

onlineKURVANEWS.COM
22 Agustus 2020 | 21:40 WIB
Film Tilik. Foto: kompas.com
Kurvanews.com-Hotnews. Tilik, film pendek berdurasi 32 menit produksi Ravanca Films ini menjadi trending di twitter dan ramai diperbincangkan.

Rilis sejak tahun 2018, banyak prestasi yang telah diraih film ini, antara lain adalah sudah tayang di berbagai festival film, beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi, seperti menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018, menjadi pemenang piala Maya 2018 kategori Film Pendek Terbaik, dan menjadi Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Berbagai prestasi yang diraih tersebut tak lepas dari kerja keras dan kreativitas sang sutradara, yakni Wahyu Agung Prasetyo. Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini memang sudah aktif di bidang produksi film sejak duduk di bangku kuliah.

Agung tergabung dalam sebuah komunitas perfilman Cinema Komunikasi (CIKO) dan sempat menjabat sebagai ketua selama satu periode.

“Tilik itu sebuah tradisi yang unik menurut saya, dan itu sangat dekat dengan masyarakat. Sehingga, di situ poin keunikannya, karena tradisi tilik itu hanya ada di Indonesia atau Asia Tenggara, di Eropa Amerika itu tidak ada,” ucap Agung, saat dihubungi pada Sabtu (22/8/20).

Melalui film Tilik ini, selain mengangkat realitas budaya tilik, Agung juga memiliki sebuah pesan yang ingin diberikan pada masyarakat.

“Jadi melalui adegan ghibah di atas truk itu sebenarnya ada pesan yang tersampaikan, yakni tentang hoaks. Film ini dibuat saat akan menjelang pilpres dulu, dan ternyata masih related dan akan tetap related, karena zaman sekarang arus informasi datang dari mana saja, sehingga budaya validasi dan jangan langsung menelan mentah-mentah informasi itu menjadi pesan yang kami sampaikan ke penonton,” imbuhnya.

Agung juga mengucapkan terima kasih atas antusiasme penonton, sehingga film Tilik ini menjadi viral dan menjadi satu prestasi baginya. Bagaimana, sudah nonton film Tilik belum? *(kn/Ar)
  • Di Balik Layar Hebohnya Film “Tilik“
  • 0

Terkini