Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Bawaslu Indramayu Akan Membuka Pelaporan Secara Online Untuk Masyarakat

KURVANEWS.COM
16 Agustus 2020 | 11:35 WIB
Ketua Bawaslu Indramayu saat menghadiri kegiatan teras IWO. Foto. Taufik/Kumparan
Kurvanews.com-Jakarta. Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), Bawaslu kabupaten Indramayu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi Pilkada desember mendatang agara dapat berlangsung secara jujur, adil, dan transparan.

Bawaslu Indramayu, menargetkan akan membuka pelaporan pelanggaran pilkada secara online. Pelaporan secara online tersebut untuk mempermuda masyarakat dalam mengawasi pelaksana Pilkada.

Ketua Bawaslu Indramayu, Nurhadi,S.Pd mengatakan pihaknya akan membuka pelaporan pelanggaran Pilkada Secara online. Hal ini bertujuan mempermudah masyarakat untuk ikut mengawal jalannya pilkada dengan jujur, adil, dan transparan.

 "Kita saat ini tengah menyiapkan item atau menu pelaporan dalam medsos internal Bawaslu untuk memudahkan masyarakat membuat pengaduan atau laporan pelanggaran Pilkada", ujar Nuhadi.

Nur Hadi menegaskan, dalam pengawasan pilkada, Bawaslu harus tetap memprioritaskan keamanan dan kesehatan di masa pandemi. Hal tersebut disampaikan dalam acara Teras IWO dengan tema "Pengawasan Pilkada Dimasa Pandemi Covid-19", pada Sabtu (15/08/20).

"Adaptasi kebiasaan baru saat ini, membutuhkan penyesuaian tersendiri bagi petugas pengawasan baik di tingkat kabupaten hingga desa atau kelurahan", ungkapnya.

Nur Hadi juga berharap, dengan adanya sistem pelaporan online ini, dapat mempercepat proses penyelesaian masalah terkait pelanggan pilkada nanti.

"Harapannya laporan pelanggaran pilkada bisa ditindaklanjuti dengan cepat dengan adanya pelaporan online", pungkasnya

Sistem pelaporan online juga menjadi salah satu langkah solutif atas keterbatasan personil dalam pengawasan pilkada.

"Di tingkat desa atau kelurahan, jumlah pengawas desa hanya 1 orang. Jumlah ini terlalu kecil untuk melakukan pengawasan Pilkada baik pengawasan terhadap penyelenggara pilkada maupun kontestan dan tim pemenangan calon kepala daerah", tandas Hadi. *(kn)
  • Bawaslu Indramayu Akan Membuka Pelaporan Secara Online Untuk Masyarakat
  • 0

Slider

Slider

Terkini