Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

534.820 Pekerja Tereliminasi Karena Tak Memenuhi Syarat, KSPSI DIY : BLT Bersyarat ini Diskriminatif

KURVANEWS.COM
10 Agustus 2020 | 11:33 WIB
ilustrasi penyerahan BLT. Foto/?
Kurvanews.com-Yogyakarta. Perencanaan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) oleh comite penanganan covid-19 nasional menuai kontroversi.

Pasalnya sejumlah pihak menilai bantuan senilai total Rp. 600.000 bagi pekerja dengan gaji dibawah 5 juta tersebut memiliki syarat yang diskriminatif.

Meski bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional, bantuan tersebut mengeliminasi banyak pihak yang tak memenuhi persyaratan.

Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY, Irsyad Ade Irawan, menyebutkan bahwa terdapat tiga syarat penerima BLT yang dianggap diskriminatif, yakni pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta, bukan aparatur sipil negara (ASN) dan terdaftar sebagai peserta BJS Ketenagakerjaan.

 “Padahal tidak semua pekerja khususnya di DIY sudah terdaftar BPJS,” ujarnya Irsyad, Minggu (9/8/20).

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri, berdasar data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY akan ada 534.820 pekerja yang tereliminasi oleh program ini karena belum terdaftar dalam BPJS ketenagakerjaan.

Menurutnya, pemberian BLT mestinya dilakukan dengan adil dan merata kepada pekerja dengan gaji di bawah 5 juta, mengingat wabah pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada pekerja yang sudah terdaftar BPJS ketenagakerjaan.

“Semua pekerja sama-sama Warga Negara Indonesia yang membayar pajak dan mempunyai hak untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak yang dijamin oleh UUD 1945 dan peraturan perundangan lainnya”, ungkapnya.

Tidak hanya itu, Irawan juga menegaskan bahwa pekerja DIY seringkali dirugikan dengan politik murah yang terlegitimasi oleh PP 78/2015 tentang Pengupahan.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa pekerja DIY berhak untuk mendapatkan bantuan tersebut.  *(kn)
  • 534.820 Pekerja Tereliminasi Karena Tak Memenuhi Syarat, KSPSI DIY : BLT Bersyarat ini Diskriminatif
  • 0

Slider

Slider

Terkini