Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Pemkot Berikan Izin Gelar Ibadah untuk Ratusan Masjid dan Gereja di Yogyakarta

Arief Hartanto
30 Juli 2020 | 21:36 WIB
Wakil wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Foto/
Kurvanews.com-Yogyakarta. Di tengah pandemi Covid-19 ini kerinduan umat beragama beribadah di rumah ibadah untuk menjawab dahaga rohani menjadi sebuah keniscayaan, namun dilain sisi harus tetap dengan tetap menaati protokol Covid-19.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dikutip dari laman warta.jogjakota.go.id total  gereja yang sudah diperbolehkan menjalankan peribadatan sebanyak 21 Gereja. Sedangkan untuk Masjid tingkat kota yang sudah mendapatkan izin ada sebanyak 4 Masjid.

"Sedangkan untuk masjid tingkat Kecamatan sudah ada 157 Masjid, untuk Musalah berjumlah 10 dan Gereja ada 4," jelas Heroe.

Untuk mendapatkan izin untuk membuka tempat ibada berdasarkan lingkup wilayah peribadatan, seperti halnya lingkup Provinsi yang dikeluarkan DIY yaitu di Masjid Gede Kauman dan Masjid Gede Pakualaman.

Hal ini diwujudkan dengan Pernyataan aman ditunjukkan dengan surat keterangan ketua gugus tugas provinsi/kabupaten/kota/kecamatan sesuai tingkatan rumah ibadah dimaksud.

Surat keterangan aman Covid-19 itu, bisa diperoleh pengurus rumah ibadah dengan mengajukan permohonan secara berjenjang kepada ketua gugus tugas kecamatan/kabupaten/kota/provinsi sesuai tingkatan rumah ibadah.

Di wilayah Kota Yogyakarta saat ini sudah Ratusan Masjid dan puluhan Gereja telah mendapatkan izin dari Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menggelar ibadah saat masa pandemi Covid-19.

Ada berbagai persyaratan bagi tempat ibadah yang harus dipenuhi agar diperbolehkan menggelar aktivitas peribadatan sebagai contoh harus membentuk Satgas Covid-19 beserta penanggungjawab, lalu wajib membuat skema dan alur protokol kesehatan.

Ada 21 poin yang harus dipenuhi agar tempat ibadah mendapatkan izin, contohnya adalah ada tim penanggungjawab, susunan satgas, kapasitas 50 persen, fasilitas untuk lakukan skrining, alur keluar masuk jamaah.


"Setelah semua dipenuhi, masih ada verifikasi yang dilakukan oleh tim gugus tugas. Tim gugus tugas juga memberikan masukan agar protokol kesehatan bisa dijalankan secara maksimal, hingga saat ini Kamis 20 Juli 2020 baru Masjid dan Gereja yang mengajukan izin, sedangkan tempat ibadah kainnya belum mengajukan," pungkas Heroe.
  • Pemkot Berikan Izin Gelar Ibadah untuk Ratusan Masjid dan Gereja di Yogyakarta
  • 0

Terkini