Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Monitoring Komisi B DPRD Sleman dalam Kesiapan Pembukaan Wisata Tebing Breksi di New Normal

Arief Hartanto
18 Juli 2020 | 14:07 WIB
Monitoring Komisi B DPRD Sleman Dalam Kesiapan Wisata Tebing Breksi Sleman Untuk Menyambut Wisatawan New Normal. 
Kurvanews.com-Sleman. Pariwisata sebagai salah satu andalan perekonomian Sleman mengalami dampak yang sangat berat  dikarenakan Pandemi Covid19.  Sudah hampir 4 bulan sejak pandemi ini merebak semua obyek wisasta di Sleman ditutup, kemunduran yang luar biasa di sektor ekonomi tak terelakkan dari hulu sampai hilir industri dari sektor wisata.

Keterpurukan ini dirasakan dari pengelola tempat wista beserta berbagai jasa pendukungnya  seperti kuliner, aksesoris, pedagang, parkir, penyedia jasa transportasi, hotel, restoran dan semua pernik pendukung priwisata di Sleman pun mengalaminya.

Kondisi sedemikian tidak bisa dibiarkan berlarut-larut,  kehidupan harus terus berjalan dengan melahirkan pola hidup baru memunculkan perilaku baru di masyarakat dengan memperhatikan faktor-faktor kebersihan, kesehatan, dan keamanan di destinasi pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Sleman menyikapi pembukaan kembali destinasi wisata di wilayahnya dilakukan secara bertahap dengan terlebih memastikan penerapan protokol kesehatan mencegah persebaran Covid-19 di destinasi wisata.

Menurut Bupati Sleman, Sri Purnomo menegaskan bahwa “Pembukaan kembali destinasi wisata harus senantiasa dengan menerapkankan protokol kesehatan yang ketat, hal ini agar aktivitas wisata bisa aman sehingga tidak terjadi klaster baru Covid-19 dari destinasi wissata dan disisi lain perekonomian rakyat kembali berjalan".

Pola yang dilakukan adalah dengan mengadakan simulasi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19  terhadap hotel dan beberapa  destinasi wisata seperti Tebing Breksi dan Candi Ijo di Prambanan, Kaliurang dan desa Wisata Pentingsari Cangkringan.

Rombongan Komisi B DPRD Kabupaten Sleman ketika melakukan monitoring kesiapan protokol kesehatan Covid19 di Candi Ijo dan Tebing Breksi pada Rabu 2 Juli 2020, mendotrong agar tempat  wisata disiapkan sejak awal dalam menyambut new normal dengan persiapan matang dan melatihnya dengan simulasi protokol kesehatan.

Nurhidayat selaku Ketua Komisi B berharap agar dengan kesiapan yang optimal secara SOP kesehatan ini pengelola wisata di Sleman benar-benar sudah siap.

“Harapannya, nanti pada saatnya benar-benar dibuka telah siap dan tidak tergopoh-gopoh dalam mmenerima wisatawan, karena masyarakat sudah sangat merindukan untuk bisa melakukan kegiatan wisata dan kami sangat mengapresiasi atas penyusunan SOP maupun giat simulasi yang dilakukan", ujar Nurhidayati.



"Sebagaimana yang kami lihat sendiri, sehingga tidak ada keraguan lagi karena pengelola obyek wisata sudah siap untuk menerima kedatangan wisatawan, kami juga berharap agar Bupati bisa segera mengeluarkan Peratauran Bupati pembukkan kembali obyek wisata di Sleman terutama di Breksi dan Candi Ijo”, tandas politisi PAN dari Kalasan ini menandaskan.

Dalam paparannya, menyampaikan beberapa tahapan yang telah dirancang SOP untuk wisatawan yang berkunjung dan disimulasikan oleh jajaran pengelola  diantaranya, pengecekan celcius, penyediaan 70 tempat cuci tangan di seluruh penjuru tebing Breksi.

Bagi wisatawan yang menggunakan bus, mobil, atau sepeda motor pun tak perlu turun karena  pengelola wisata akan datang untuk pengecekan suhu tubuh dengan thermo guna standar suhu tubuh maksimal 37,5 derajat.

Adapun  pondok isolasi yang disediakan jika ada pengunjung yang reaktif dan jika terpaksa harus dibawa ke rumah sakit terdekat sudah disediakan kendaraan khusus, pengurangan fasilitas tempat duduk agar tak terjadi kerumunan, megaphone sebagai alat pengawasan langsung untuk petugas mengingatkan wisatawan agar tidak bergerombol dll.

Pengelola  Tebing Breksi M. Kholik menandaskan  “Berbagai prosedur diatas adalah bukti keseriusan dan kesiapan kami untuk siap menerima kunjungan wisata di Tebing Breksi”.*
  • Monitoring Komisi B DPRD Sleman dalam Kesiapan Pembukaan Wisata Tebing Breksi di New Normal
  • 0

Terkini