Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

Gibran Ikut Bertarung di Pilwalkot Solo 2020, Rico : Murni Politik Dinasti

Rizal Firmansyah
22 Juli 2020 | 10:55 WIB
Gibran Rakabuming Raka. Foto, R-Rekotomo/Antara
Kurvanews.com-Solo. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember mendatang tengah menjadi titik fokus partai politik, persiapan terus dilakukan demi memenangkan kontestasi politik tersebut.

Isu mengenai dinasti politik yang saat ini tengah menjadi sorotan publik, dibantah oleh Ketua DPP Partai Demokrasi Indoenesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah. Basrah mengaku Gibran telah melewati proses elektoral yang semestinya.

"Gibran ikut kontestasi Pilkada Solo harus berkompetisi di dalam internal PDIP, untuk kemudian mendapat tiket Pilkada Solo, untuk berkontestasi," ujar Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, Selasa (21/07/2020).

Menurutnya, jika Gibran ternyata benar membangun dinsati politik sekalipun, pilihan ada di tangan rakyat, masyarakat solo berhak menentukan siapa pemimpin nya.

"Serta masih harus melalui tahapan pemilihan oleh rakyat pada pencoblosan pilkada bulan Desember yang akan datang," imbuhnya.

"Jangan sampai karena Gibran anak seorang Presiden lalu hak-hak politiknya dicabut. Padahal tidak seorang pun di dunia ini yang boleh memilih harus menjadi anaknya siapa," tegas Wakil Ketua MPR itu.

Rico Marbun selaku Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) mengatakan bahwa presiden Jokowi merupakan faktor utama diusung nya Gibran sebagai bakal calon walikota Solo.

Rico juga mengamati apakah Gibran menjadi bakal calon walikota karena memang punya kapasitas dan kredibilitas atau hanya karena faktor orang dalam.

"Secara teoretis apa yang berlaku pada Gibran ialah dinasti, tapi ya jujur saja, kan Gibran tidak sendirian di sini. Jadi yang perlu dilihat selanjutnya adalah apakah kompetisi yang terjadi nanti di pilkada akan fair atau tidak," kata Rico.

Selain Gibran Rakabuming Raka, masih ada kerabat presiden Jokowi lain yang akan maju dalam pilkada tahun ini, diantaranya menantu Jokowi Bobby Afif Nasution yang menikah dengan Kahiyang Ayu dan Wahyu Purwanto yang adalah suami dari adik kandung Jokowi serta Dolly Sinomba Siregar adalah paman dari Bobby Nasution. Hal ini tentu memperkuat stigma masyarakat akan dinasti politik yang coba dibangun oleh Jokowi.


"Masuknya nama putra sulung dan menantu serta besan presiden Jokowi dalam bursa calon kepala daerah 2020 menjadi sorotan publik," ujar pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago dalam pesan singkatnya kepada Republika.co.id, Senin (20/07/2020). *(kn/Rf)
  • Gibran Ikut Bertarung di Pilwalkot Solo 2020, Rico : Murni Politik Dinasti
  • 0

Slider

Slider

Terkini