Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan Beranda

DPR Terima Usulan Pemerintah Terkait RUU HIP Diganti RUU BPIP

KURVANEWS.COM
17 Juli 2020 | 21:03 WIB
Ketua DPR Puan Maharani didampingi DPR lainnya bersama Menkopolhukam Mahfud MD dan jaran Menteri saat konferensi pers terkait RUU HIP diubah menjadi RUU BPIP  di gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/7/20). Foto/Humas DPR
Kurvanews.com-Jakarta. Pemerintah mengusulkan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menjadi Rancangan Undang-Undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP).

Usulan tersebut telah diterima ketua DPR Puan Maharani pada, Kamis (16/07/20).

DPR dan Pemerintah bersepakat bahwa RUU HIP yang menjadi kontroversial publik itu diubah menjadi RUU BPIP.

Puan Maharani menjelaskan bahwa konsep RUU HIP yang disampaikan pemerintah memiliki substansi yang berbeda dengan RUU HIP.


BPIP yang sebelumnya di atur dalam peraturan presiden akan diperkuat dengan substansi RUU BPIP.

"Konsep yang disampaikan pemerintah berisikan subsatnsi RUU BPIP yang terdiri dari 7 bab dan 17 pasal, berbeda dengan RUU HIP yang berisikan 10 bab dan 60 pasal", ungkap Puan Maharani, dikutip dari KompasTV.

Menurutnya subsatansi pasal-pasal pada RUU BPIP hanya memuat ketentuan tentang tugas, fungsi, wewenang, dan struktur kelembagaan BPIP.

Pasal pasal-pasal kontroversial seperti penafsiran filsafat dan sejarah pancasila sudah tidak ada lagi.

"Dalam konsederans juga sudah terdapat Tap MPRS no 25 tahun 1966 tentang pelarangan PKI dan ajaran komunisme marxisme", jelas puan, dikutip di KompasTV. *
  • DPR Terima Usulan Pemerintah Terkait RUU HIP Diganti RUU BPIP
  • 0

Terkini